Sabtu, 09 Mei 2015

Menteri Siti: Si Jambul Kuning Setelah Direhabilitasi Akan Dikembalikan ke Maluku

Kakatua Jambul Kuning yang kerap disebut Si Jacob tengah menjadi perbincangan hangat. Si Jambul Kuning termasuk hewan langka. Pemerintah kini tengah membuka posko pengembalian satwa langka, tak hanya jambul kuning tetapi hewan lainnya.

Khusus untuk si jambul kuning, karena hewan itu berasal dari Maluku Utara, setelah masyarakat mengembalikan hewan ke posko kementerian LHK dan BKSDA, burung itu akan direhabilitasi dan dilepasliarkan ke habitat aslinya.

"Setelah ada di sini direhabiltasi beberapa waktu dipulangi ke Maluku sama Pak Dirjen sama direktur dan Sesmen, kawan-kawan sedang kita coba persiapkan," jelas Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Menurut dia, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengembalikan satwa langka ke habitatnya. Biarkan satwa langka itu lestari dan berkembang biak di alam bebas.

"Memang seharusnya perlindungan pemeliharaan penangkaran seperti apa nanti kita lihat. Kalau perkembangan baik seperti apa nanti kita coba pikirkan tergantung dorongan, yang penting sama-sama mendorong menjaga mereka karena populasi sedikit. Kami dapat laporan ada 1000 sampai 5.200. Ini kita coba ikuti dan kita coba siapkan audit tumbuhan dan satwa yang dilindungi," tegas dia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar